Workshop SmartDM di Surabaya PDF Print E-mail
Friday, 21 December 2012 02:02

Sedikitnya 75-90 guru dari berbagai tingkatan mulai dari SD sampai dengan SMU telah mingikuti workshop yang diselenggarakan oleh PT BSW Gramedia di HiTech Mall Surabaya. Workshop dengan judul "Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital" diselenggarakan mulai dari jam 9 pagi hingg jam 5 sore.

 

Workshop yang diawalai dengan pemutaran felm ilustrasi "teknlologi terkini" dimana peran teknologi multimedia telah menyentuh disetiap lini kehidupan telah menumbuhkan/membangkitkan semangat tersendiri bagi setiap perserta untuk tahu lebih banyak tentang apa dan bagaimana membuat multimedia.

 

Lebih lanjut peserta melanjutkan sesi dengan belajar mendisitribusikan bahan ajar multimedia yang telah dia buat ke siswa siswi yang diajarnya.

Sebuah sofrware engine yang bisa digunkana untuk kebutuhan ini adalah Smart Digital Multimedia atau biasa disebut dengan SmartDM, yakni sebuah software yang dirancang khusus untuk kegiatan pembelajaran bahasa Ingris. Pesertapun dilarutkan lagi dalam keasikan menggunakan software yang juga memiliki kemampuan merubah teks menjadi suara sekaligus suara menjadi teks.

Pada kesempatan itu juga didemokan kemampuan SmartDM dalam mengontrol komputer siswa lewat komputer server yang dikelola oleh guru, mulai dari memonitor komputer siswa, remote dll. Semua itu dinyatakan oleh peserta workshop sebagai wawasan baru.

 

Penyelenggaraan workshop berjalan cukup baik,  Hal ini sebagai wujud kerjasama antar bagian team yang berada dibawah Kompas Gramedia untuk wilayah Surabaya berjalan dengan baik.

 

Rata rata peserta menyatakan puas dengan penyelenggaraan workshop, hal ini bisa kita simpulkan dari angket yang dibagikan dimana beberapa peserta menyatakan "waktu penyelenggaraan perlu ditambah".  Respon yang positif yang perlu tindak lanjut yang tepat.

 

Dari beberapa pertanyaan kepada peserta langsung "seberapa besar manfaat yang didapat dari workshop ini ?" Sebagian peserta memberikan respon yang sangat positif, sementara ada peserta yang menyatakan perlunya variasi materi karena materi yang disampaikan di woarkhsop dia sudah tahu.

 

Materi Workshop pembuatan bahan ajar digital yang disampaikan oleh Chanam Muklison sengaja menggunakan software yang sudah ada disetiap komputer milik peserta workshop. Software yang dimaksud adalah "Windows Movie Maker". Pemilihan software ini dimaksudkan kita sebagai tenaga pengajar (guru) menjadi "tidak ada alasan lagi" untuk bilang "tidak punya software pendukung" bahkan tidak punya alasan lagi bilang "tidak bisa" mempersiapkan materi pengajaran dalam format digital/multimedia.

 

Dengan demikian, pengajaran dengan menggunakan multimedia bagi sebagian besar tenaga pendidik menjadi mudah dilakukan, sehingga pengajaran lebih menarik dan pada ahirnya harapan kita bersama bahwa proses kegiatan belajar mengajar akan memiliki tingkat keberhasilan yang lebih baik.(Cha)

 

Last Updated on Friday, 21 December 2012 03:42